"Welcome To MY Blog

Senin, 07 Januari 2019

Sejarah, Definisi, Relationship, dan Bagan Pada Unified Modelling Language (UML)

A. Sejarah Unified Modelling Language (UML)

UML awalnya termotivasi oleh keinginan untuk membakukan sistem notasi yang berbeda dan pendekatan untuk
desain perangkat lunak yang dikembangkan oleh Grady Booch , Ivar Jacobson dan James Rumbaugh di Rational Software di 1994-1995, dengan pengembangan lebih lanjut yang dipimpin oleh mereka melalui tahun 1996. Pada tahun 1997 UML diadopsi sebagai standar oleh Object Management Group (OMG), dan telah dikelola oleh organisasi ini sejak. Pada tahun 2005 UML juga diterbitkan oleh International Organization for Standardization (ISO) sebagai standar ISO disetujui. Sejak itu telah periodik direvisi untuk menutupi revisi terbaru dari UML.

B. Definisi Unified Modelling Language (UML)

Unified Modeling Language (UML) adalah sebuah bahasa yang berdasarkan grafik/gambar untuk  memvisualisasi, menspesifikasikan,membangun, dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan software berbasis OO (Object-Oriented). UML sendiri  juga  memberikan  standar  penulisan  sebuah  sistem  blueprint, yang meliputi  konsep  bisnis  proses,  penulisan  kelas-kelas  dalambahasa  program yang spesifik, skema database, dan komponen-komponen yang diperlukan dalamsistem softwareUMLadalah salah satu tool / model  untuk  merancang  pengembangansoftware yang berbasis object oriented.

Untuk dapat memahami UML membutuhkan bentuk konsep dari sebuah bahasa model, dan mempelajari 3 (tiga) elemen utama dari UML seperti 
1. building  block merupakan aturan-aturan   yang  menyatakan  bagaimana  building block  diletakkan  secara  bersamaan, dan beberapa  mekanisme  umum(common).
Building blocks Tiga macam yang terdapat dalam building block adalah :
a. Benda/Things,adalah abstraksi yang pertama dalam sebuah model.
b. Hubungan/Relationships, sebagai alat komunikasi dari benda-benda,
c. Bagan/Diagrams.sebagai kumpulan / group dari benda-benda/things.
d. Benda/Things Adalah hal yang sangat mendasar dalam model UML, juga merupakan bagian  paling statik dari sebuah model, serta menjelaskan elemen-elemen lainnya dari sebuah konsep atau fisik.

Bentuk dari beberapa benda/thing adalah sebagai berikut:
  1. Use cases, adalah rangkaian/uraian sekelompok yang salingterkait dan membentuk sistem  secara  teratur  yang  dilakukan  ataudiawasi oleh sebuah aktor. ‘use case’ digunakan untuk membentuk tingkah-laku benda/ things dalam sebuah model tertadi  realisasikan  oleh  sebuah  collaboration. Umumnya ‘use case’ digambarkan  dengan  sebuah  ‘elips’  dengan  garis  yang  solid,biasanya mengandung nama.
  2. Classes,yang diuraikan sebagai sekelompok dari object yang mempunyai atribute, operasi,  hubungan  yang  semantik.  Sebuahkelas mengimplementasikan 1 atau lebih interfaces. Sebuah kelasdapat   digambarkan   sebagai   sebuah   persegi   panjang,   yangmempunyai sebuah nama, atribute, dan metoda pengoperasiannya.
  3. Interfaces,merupakan sebuah antar-muka yang menghubungkandan melayani antar kelas dan atau elemen. ‘Interface’ / antar-muka mendefinisikan sebuah set/kelompok dari     spesifikasi pengoperasian,  umumnya  digambarkan  dengan  sebuah  lingkaran yang disertai dengan namanya. Sebuah antar-muka berdiri sendiridan umumnya merupakan pelengkap dari kelas atau komponen.
  4. Collaboration, yang didefinisikan dengan  interaksi  dan  sebuahkumpulan/ kelompok dari   kelas-kelas/elemen-elemen yang bekerja secara bersama-sama. Collaborations mempunyai struktur dan dimensi. Pemberian sebuah kelas memungkinkan berpartisipasi  di dalam  beberapa  collaborations  dan  digambarkan dengan sebuah ‘elips’ dengan garis terpotong-potong..
  5. Nodes,merupakan  fisik  dari  elemen-elemen  yang  ada  pada  saatdijalankannya sebuah    sistem, contohnya adalaha sebuah komputer, umumnya  mempunyai sedikitnya memory    danprocessor. Sekelompok  komponen  mungkin  terletak  pada  sebuahnode  dan juga  mungkin  akan  berpindah  dari  node satu  ke nodelainnya. Umumnya node ini digambarkan seperti kubus sertahanya mengandung namanya
C. Hubungan / Relationship

Hubungan / Relationship Ada 4 macam hubungan didalam penggunaan UML, yaitu; 
  1. Dependency, adalah hubungan semantik antara dua benda/things yang mana sebuah benda berubah mengakibatkan benda satunya akan  berubah  pula.  Umumnya  sebuah  dependency  digambarkan sebuah panah dengan garis terputus-putus.
  2. Association, hubungan antar benda  struktural yang terhubung diantara obyek. Kesatuan obyek yang terhubung merupakan hubungan khusus, yang menggambarkan sebuah  hubungan struktural diantara seluruh atau sebagian. Umumnya assosiation digambarkan dengan sebuah   garis yang dilengkapi dengansebuah label, nama, dan status hubungannya.
  3. Generalizations, adalah menggambarkan hubungan khusus dalam obyek anak/child yang menggantikan obyek parent / induk. Dalam hal ini, obyek anak memberikan pengaruhnya  dalam  halstruktur dan tingkah lakunya kepada obyek induk. Digambarkan dengan garis panah.
  4. Realizations, merupakan hubungan semantik antara pengelompokkan yang menjamin adanya   ikatan diantaranya. Hubungan ini dapat diwujudkan diantara interface dan kelas atau elements,  serta antara use cases dan collaborations.  
D. Bagan/Diagram
 
Unified Modelling Language (UML) sendiri terdiri atas pengelompokkan diagram-diagram sistem menurut aspek atau sudut pandang tertentu. Diagram adalah yang menggambarkan permasalahan maupun solusi dari permasalahan suatu model. UML mempunyai 9 diagram, yaitu; use-case, class, object, state, sequence, collaboration, activity, component, dan deployment diagram.
  1. Use Case Diagram, menggambarkan sekelompok use cases dan aktor yang disertai dengan  hubungan  diantaranya. Diagram use cases ini menjelaskan dan menerangkan kebutuhan / requirement yang diinginkan/dikehendaki user/pengguna, serta sangat berguna dalam menentukan struktur organisasi dan model daripada sebuah sistem.
  2. Activity Diagram, yang memperlihatkan aliran urutan aktifitas. Activity diagram Menggambarkan aktivitas dari proses yang terdapat pada sistem.Menggambarkakn tindakan /prilaku dari proses.
  3. Class Diagram, yang memperlihatkan struktur statis dari  kelas actual di dalam sistem.
  4. Object Diagram,yang merupakan varian dari kelas diagram yang memperlihatkan lebih detail banyaknya obyek yang mengintantiasi(instances) kelas.
  5. State Diagram, yang memperliatkan semua keadaan (state) yang dapat  dimiliki  oleh  kelas  dan  event  yang  dapat  merubah  keadaantersebut.
  6. Sequence Diagram,yang  memperlihatkan  kolaborasi  dinamikantara  objek-objek  dengan  suatu urutan pesan (a sequence ofmessage) antar objek tersebut.
  7. Collaboration Diagram,yang memperlihatkan kolaborasi dinamikantar objek tanpa memperhatikan aspek waktu.
  8. Component Diagram,yang  memperlihatkan  struktur fisik darisource  code dalam  terminology code components. Komponenberisi  informasi tentang logical class dapat berupa  komponen source code komponen biner atau komponen yang dapatdieksekusi.
  9. Deployment Diagram,yang memperlihatkan arsitektur fisik dari hardware dan software pada sistem.
sumber :
https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-unified-modeling-language-uml/15128/2
http://mhs.uks.ac.id/OOP/UML.pdf
catatan kuliah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar