A. Sejarah Unified Modelling Language (UML)
UML awalnya termotivasi oleh keinginan untuk membakukan sistem notasi yang berbeda dan pendekatan untuk
desain perangkat lunak yang dikembangkan oleh Grady Booch , Ivar Jacobson dan James Rumbaugh di Rational Software di 1994-1995, dengan pengembangan lebih lanjut yang dipimpin oleh mereka melalui tahun 1996. Pada tahun 1997 UML diadopsi sebagai standar oleh Object Management Group (OMG), dan telah dikelola oleh organisasi ini sejak. Pada tahun 2005 UML juga diterbitkan oleh International Organization for Standardization (ISO) sebagai standar ISO disetujui. Sejak itu telah periodik direvisi untuk menutupi revisi terbaru dari UML.
B. Definisi Unified Modelling Language (UML)
Unified Modeling Language (UML) adalah sebuah bahasa yang berdasarkan grafik/gambar untuk memvisualisasi, menspesifikasikan,membangun, dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan software berbasis OO (Object-Oriented). UML sendiri juga memberikan standar penulisan sebuah sistem blueprint, yang meliputi konsep bisnis proses, penulisan kelas-kelas dalambahasa program yang spesifik, skema database, dan komponen-komponen yang diperlukan dalamsistem softwareUMLadalah salah satu tool / model untuk merancang pengembangansoftware yang berbasis object oriented.
Untuk dapat memahami UML membutuhkan bentuk konsep dari sebuah bahasa model, dan mempelajari 3 (tiga) elemen utama dari UML seperti
1. building block merupakan aturan-aturan yang menyatakan bagaimana building block diletakkan secara bersamaan, dan beberapa mekanisme umum(common).
Building blocks Tiga macam yang terdapat dalam building block adalah :
Building blocks Tiga macam yang terdapat dalam building block adalah :
a. Benda/Things,adalah abstraksi yang pertama dalam sebuah model.
b. Hubungan/Relationships, sebagai alat komunikasi dari benda-benda,
c. Bagan/Diagrams.sebagai kumpulan / group dari benda-benda/things.
d. Benda/Things Adalah hal yang sangat mendasar dalam model UML, juga merupakan bagian paling statik dari sebuah model, serta menjelaskan elemen-elemen lainnya dari sebuah konsep atau fisik.
Bentuk dari beberapa benda/thing adalah sebagai berikut:
- Use cases, adalah rangkaian/uraian sekelompok yang salingterkait dan membentuk sistem secara teratur yang dilakukan ataudiawasi oleh sebuah aktor. ‘use case’ digunakan untuk membentuk tingkah-laku benda/ things dalam sebuah model tertadi realisasikan oleh sebuah collaboration. Umumnya ‘use case’ digambarkan dengan sebuah ‘elips’ dengan garis yang solid,biasanya mengandung nama.
- Classes,yang diuraikan sebagai sekelompok dari object yang mempunyai atribute, operasi, hubungan yang semantik. Sebuahkelas mengimplementasikan 1 atau lebih interfaces. Sebuah kelasdapat digambarkan sebagai sebuah persegi panjang, yangmempunyai sebuah nama, atribute, dan metoda pengoperasiannya.
- Interfaces,merupakan sebuah antar-muka yang menghubungkandan melayani antar kelas dan atau elemen. ‘Interface’ / antar-muka mendefinisikan sebuah set/kelompok dari spesifikasi pengoperasian, umumnya digambarkan dengan sebuah lingkaran yang disertai dengan namanya. Sebuah antar-muka berdiri sendiridan umumnya merupakan pelengkap dari kelas atau komponen.
- Collaboration, yang didefinisikan dengan interaksi dan sebuahkumpulan/ kelompok dari kelas-kelas/elemen-elemen yang bekerja secara bersama-sama. Collaborations mempunyai struktur dan dimensi. Pemberian sebuah kelas memungkinkan berpartisipasi di dalam beberapa collaborations dan digambarkan dengan sebuah ‘elips’ dengan garis terpotong-potong..
- Nodes,merupakan fisik dari elemen-elemen yang ada pada saatdijalankannya sebuah sistem, contohnya adalaha sebuah komputer, umumnya mempunyai sedikitnya memory danprocessor. Sekelompok komponen mungkin terletak pada sebuahnode dan juga mungkin akan berpindah dari node satu ke nodelainnya. Umumnya node ini digambarkan seperti kubus sertahanya mengandung namanya
C. Hubungan / Relationship
Hubungan / Relationship Ada 4 macam hubungan didalam penggunaan UML, yaitu;
- Dependency, adalah hubungan semantik antara dua benda/things yang mana sebuah benda berubah mengakibatkan benda satunya akan berubah pula. Umumnya sebuah dependency digambarkan sebuah panah dengan garis terputus-putus.
- Association, hubungan antar benda struktural yang terhubung diantara obyek. Kesatuan obyek yang terhubung merupakan hubungan khusus, yang menggambarkan sebuah hubungan struktural diantara seluruh atau sebagian. Umumnya assosiation digambarkan dengan sebuah garis yang dilengkapi dengansebuah label, nama, dan status hubungannya.
- Generalizations, adalah menggambarkan hubungan khusus dalam obyek anak/child yang menggantikan obyek parent / induk. Dalam hal ini, obyek anak memberikan pengaruhnya dalam halstruktur dan tingkah lakunya kepada obyek induk. Digambarkan dengan garis panah.
- Realizations, merupakan hubungan semantik antara pengelompokkan yang menjamin adanya ikatan diantaranya. Hubungan ini dapat diwujudkan diantara interface dan kelas atau elements, serta antara use cases dan collaborations.
D. Bagan/Diagram
Unified Modelling Language (UML) sendiri terdiri atas pengelompokkan diagram-diagram sistem menurut aspek atau sudut pandang tertentu. Diagram adalah yang menggambarkan permasalahan maupun solusi dari permasalahan suatu model. UML mempunyai 9 diagram, yaitu; use-case, class, object, state, sequence, collaboration, activity, component, dan deployment diagram.
- Use Case Diagram, menggambarkan sekelompok use cases dan aktor yang disertai dengan hubungan diantaranya. Diagram use cases ini menjelaskan dan menerangkan kebutuhan / requirement yang diinginkan/dikehendaki user/pengguna, serta sangat berguna dalam menentukan struktur organisasi dan model daripada sebuah sistem.
- Activity Diagram, yang memperlihatkan aliran urutan aktifitas. Activity diagram Menggambarkan aktivitas dari proses yang terdapat pada sistem.Menggambarkakn tindakan /prilaku dari proses.
-
- Class Diagram, yang memperlihatkan struktur statis dari kelas actual di dalam sistem.
- Object Diagram,yang merupakan varian dari kelas diagram yang memperlihatkan lebih detail banyaknya obyek yang mengintantiasi(instances) kelas.
- State Diagram, yang memperliatkan semua keadaan (state) yang dapat dimiliki oleh kelas dan event yang dapat merubah keadaantersebut.
- Sequence Diagram,yang memperlihatkan kolaborasi dinamikantara objek-objek dengan suatu urutan pesan (a sequence ofmessage) antar objek tersebut.
- Collaboration Diagram,yang memperlihatkan kolaborasi dinamikantar objek tanpa memperhatikan aspek waktu.
- Component Diagram,yang memperlihatkan struktur fisik darisource code dalam terminology code components. Komponenberisi informasi tentang logical class dapat berupa komponen source code komponen biner atau komponen yang dapatdieksekusi.
- Deployment Diagram,yang memperlihatkan arsitektur fisik dari hardware dan software pada sistem.
sumber :
https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-unified-modeling-language-uml/15128/2
http://mhs.uks.ac.id/OOP/UML.pdf
http://mhs.uks.ac.id/OOP/UML.pdf
catatan kuliah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar